Optimalkan Potensi Desa, Website Tibubeneng.Desa.Id Diluncurkan

0
190

INFOBALINEWS, BADUNG – Perkembangan pesat kepariwisataan di Kuta Utara harus dibarengi dengan sistem informasi desa agar terjadi sinkronisasi antara penduduk asli, pendatang dan turis. Demikian yang mengemuka dalam peluncuran kembali Website www.tibubeneng.desa.id, Sabtu (19/8/2023) di Lapangan Segara Perancak, Tibubeneng, Kuta-Utara Badung.

Dijelaskan dalam peluncuran tersebut, tujuan website ini adalah untuk memaksimalkan layanan Pemerintah Desa Tibubebeng dan jangkauan informasi penting kepada masyarakat dan pemilik kepentingan dengan informasi tentang desa Tibubeneng yang telah berkembang menjadi kawasan pesat pariwisata, khususnya di Kuta Utara.

Dalam website ini disampaikan oleh perancang dari Rumah Media, selain ada pelayanan administrasi, kependudukan, profil desa dan sebagainya. Juga menyajikan potensi desa dan peluang berusaha dalam bentuk marketplace, yang memuat usaha-usaha yang berkembang di Desa Tibubeneng.

Perbekel Desa Tibubeneng, I Made Kamajaya mengatakan lewat website ini membuka lapak atau pasar online karena sesungguhnya desa ini berkembang sangat pesat dimana semua komponen dari seluruh dunia hampir datang ke sini. Kalau pun masyarakat dari luar punya banyak produk tanpa mempunyai market tempat usaha yang bagus itu tidak akan optimal. “Tetapi syukurnya Tibubeneng punya pasar yang sangat potensial sehingga produk apapun ditampilkan dan dijual di web akan banyak pengunjung dan banyak tamu disini. “Website ini bukan hanya melayani dari segi bisnis, namun juga menampilkan potensi ekonomi desa.” 

Harapannya agar masyarakat menggunakan semaksimal mungkin agar bisa meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga dari UMKM,  “Usaha menengah dapat berjalan dan saya yakin kalau ini dimanfaatkan dengan teknologi digital seperti ini di sudut manapun atau produk apapun. Hanya tinggal kreatif dengan pengemasan produknya.”

Kamajaya mengatakan ada gerakan serentak agar setiap rumah tangga wajib kenal dan membuka website ini agar dapat dimanfaatkan sebagai pelayanan, layanan, dan media potensi ekonomi desa.

Sementara, Camat Kuta Utara, I Putu Eka Parmana mengapresiasi peluncuran website Desa Tibubeneng. “Ini, menurutnya suatu langkah positif karena banyak informasi yang didapatkan bagi masyarakat. Tidak hanya informasi, kata dia, bahkan juga data, pelayanan, pengaduan, dan market place seperti buka lapak.

Dirinya mengapresiasi sekali karena website ini dapat memberikan sajian kepada masyarakat dan juga mempermudah berkaitan dengan informasi, pelayanan, dan pelayanan. Ini lebih meningkatkan grade-nya Desa Tibubeneng. Dia berharap website yang ada ini berjalan dengan baik artinya kalau sudah namanya website harus betul-betul ada data dasarnya, diupdate dan terus ada peningkatan peningkatan kreativitas dimunculkan dalam website ini.

(IBN/wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here