Bupati di Papua ini Kerja Keras Tekan Angka Kasus Baru Covid-19 Hingga 0, Sesuai Arahan Jokowi

0
45

INFOBALINEWS.ID, PAPUA –– Di tengah kasus Covid-19 yang mengharuskan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk pulau Jawa dan Bali dari tanggal 3 hingga 20 Juli ini, kabar baik datang dari Timur Indonesia, tepatnya dari Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.

Bupati Kabupaten kepulauan Yapen, Tony Tesar, dilansir dari beberapa akun media sosial memaparkan dalam wawancara singkatnya bersama Stafsus Presiden Billy Mambrasar, tentang strategi dan kerja kerasnya menekan angka Covid 19 di angka Normal, bahkan menuju 0. Bupati Tony Tesar juga mulai melakukan vaksinasi massal untuk warga Kepulauan Yapen per hari ini (5 Juli 2021) di rumah Jabatannya, seperti dilansir dari situs resmi berita Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam video berdurasi 3 menit ini, Bupati dan Stafsus Presiden tersebut berdiskusi mengenai perkembangan kasus Covid-19 di daerah tersebut. Adapun beberapa strategi selain dimulainya vaksinasi masal tersebut adalah Sebagai Berikut:

1. Melakukan kontrol ketat terhadap alur keluar masuknya warga ke Kabupaten Kepulauan Yapen, utamanya melalui Jalur Laut dan Udara

2. Menyediakan fasilitas emergensi sekiranya ada lonjakan kasus yang mendadak

3. Melakukan edukasi terus menerus agar seluruh masyarakat patuh akan prokes.

Untuk Poin ke 3, Bupati terus berharap agar masyarakat dapat mengikuti prokes tersebut. Selain itu, Edukasi yang diberikan juga mengikuti Prokes Pemerintah, yakni 5 M, seperti yang diturunkan dari Pusat. 5 M tersebut adalah: Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta, Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Tony Tesar lebih lanjut menjelaskan, bahwa penekanan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen berkat kerja sama dari pihak pemerintahan dan masyarakat. “Penanganan Covid di Kabupaten Kepulauan Yapen sampai saat ini cukup terkendali dan sangat baik. Dari sejak awal covid sampai sekarang, tercarat kurang lebih 150an kasus yang kemudian akhirnya semua menjaga dengan tracing juga menerapkan protokol kesehatan,” ujar Tony Tesar.

Untuk mendukung program pemerintah Republik Indonesia dalam melawan penyebaran virus Covid-19, Tony Tesar juga mendukung dan mengerahkan semua masyarakat di Kabupaten Kepulaun Yapen untuk  melakukan Vaksinasi Covid-19.

“Mari kita Dukung Program Presiden Joko Widodo, seperti vaksinasi, untuk meningkatkan imunitas masal, selain terus mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin”, Ujar Bupati Tesar dalam video wawancara tersebut.

Billy Mambrasar sendiri menghadiri langsung kegiatan pemberian Vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua. Dengan tercapainya target vaksinasi di Indonesia, diharapkan kasus Covid-19 dapat menurun dan sektor-sektor industri dapat berjalan normal yang akan berdampak pada pemulihan ekonomi di Indonesia.

“Kita doakan Kabupaten Kepulauan Yapen tetap aman, tetap terkendali dan semoga kabupaten-kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia juga bisa mengelolanya dengan baik”, Ujar Billy Mambrasar di akhir diskusi dengan Bupati Kepulauan Yapen Provinsi Papua.

INFOBALINEWS.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here