Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Kecakapan Kerja Tipe Platinum Tahun 2023 Bidang Spa – LKP ASTHER

0
169

“TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK MEMULAI DAN BELAJAR”

“Ancora Imparo” begitulah Febiola Devi, Pimpinan LKP Asther International Training Center Jembrana mengucapkan mantra kebanggan yang selalu menjadi pengingat bahwa belajar adalah proses yang tak pernah berakhir. Berasal dari Bahasa Italia, Ancora Imparo merupakan frase yang bermakna “saya masih belajar”. Hal itu dijelaskan oleh Pimpinan LKP Asther pada kesempatannya saat memberi sambutan kegiatan Pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Tipe Platinum Tahun 2023 Bidang SPA di LKP Asther, 11 September 2023 lalu. Mantra ini kemudian menjadi motto yang tak pernah luput dari proses pembelajaran yang berlangsung.

Program Pendidikan Kecakapan Kerja Tipe Platinum sendiri merupakan program yang di inisiasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek yang menggandeng LKP Asther International Training Center Jembrana sebagai mitra penyelenggaranya.

“Astungkara, di tahun 2023 ini kami diberikan amanat dan kepercayaan lagi untuk menyelenggarakan program PKK Tipe Platinum bidang SPA oleh pemerintah yaitu Disuslat dari  Kemendikbud, dan tentunya program pelatihan ini gratis tidak di pungut biaya sama sekali” tutur Febiola.

Program PKK Tipe Platinum Bidang SPA ini dikhususkan untuk anak usia sekolah yang tidak sekolah/putus sekolah, anak berprestasi tapi tidak mampu melanjutkan ke jenjang perkuliahan, masyarakat yang belum bekerja dalam rentang usia 17-24 tahun, yang nantinya akan di latih dan langsung ditempatkan bekerja di mitra IDUKA baik dalam negeri maupun luar negeri.

Di ikuti sebanyak 15 peserta didik yang berasal dari berbagai desa di Kabupaten Jembrana, dan sebagian besar merupakan ibu rumah tangga, tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk belajar dan mendapatkan keterampilan baru. Mereka semua terlihat antusias selama proses pembelajaran. Tidak ada kata terlambat untuk memulai dan belajar SPA, walaupun sudah berkeluarga namun tetap didukung.

“Saya lihat info kursus ini di salah satu media Jembrana, tetangga juga banyak yang sudah bekerja di luar negeri dan merekomendasikan LKP Asther, katanya disini sering mengadakan pelatihan gratis, atas ijin suami dan orang tua saya bergegas mendaftar dan Astungkara saya lulus persyaratan untuk ikut belajar disini” jelas Nova, salah satu peserta latih Program PKK Tahun 2023 di LKP Asther.

Kegiatan Program PKK Tipe Platinum Tahun 2023 Bidang Spa ini dilaksanakan selama 360 jam pelajaran, yang terdiri dari 30% teori dan 70% praktik. Kemudian akan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) SPA di TUK Asther yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan November 2023.

Ada yang berbeda dari proses pembelajaran di tahun ini dengan tahun sebelumnya, dengan jumlah jam pelajaran yang cukup banyak, para peserta latih diberikan beberapa materi tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, contohnya tambahan treatment internasional seperti Thai Massage, Herbal Massage, Lomi-lomi, Thermal Therapy serta tambahan treatment lainnya. Hal ini dikarena Pimpinan LKP Asther ingin membedakan fasilitas yang di dapat antara Program PKK Tipe Silver dan Tipe Platinum.

“Karena tahun ini kita dipercaya untuk melaksanakan Program PKK Tipe Platinum, materi yang diajarkan tidak lagi basic, tapi lebih ke jenjang advance. Kami juga memfasilitasi peserta latih dalam kegiatan kunjungan industri untuk lebih menunjang proses pembelajaran. Harapannya peserta latih tahun ini memiliki value dan daya saing yang lebih unggul.” Kata Febiola.

Sejalan dengan makna mantra “Ancora Imparo”, Febiola terus mengingatkan peserta latihnya untuk tidak pernah puas terhadap pencapaiannya kelak, karena hidup adalah proses belajar yang tak pernah usai. Maka dari itu jangan pernah berpikir kita tidak bisa memulai sesuatu karena tidak ada kata terlambat untuk memulai dan berproses. Hal ini selalu ia sampaikan di dalam kelas sekaligus sebagai penguatan karakter peserta latih sebelum terjun ke dunia kerja. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here