Sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Paguyuban Social Project Bali Menggelar Donor Darah

0
58

Oleh : Herdian Armandhani,SE

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Pada hari Sabtu (10/8/2024) pukul 08.00 s.d.12.00 wita, Paguyuban Social Project Bali berkolaborasi dengan PMI Provinsi Bali menggelar agenda donor darah Vol XI yang diadakan di Wantilan DPRD Provinsi Bali Jalan. Dr. Kusuma Atmaja No. 3, Niti Mandala, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Tema yang diangkat dalam agenda donor darah Vol XI yaitu “Merdeka Dengan Setetes Darah”.

Acara Donor Darah Paguyuban Social Project Bali Vol XI dibuka dengan Tari Gabor yang dibawakan oleh penari Sanggar Mudra Suara Siddhi. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Donor Darah Social Project Bali Vol XI yaitu Franskia Muji Irsadianto dan Steering Comitte Agenda Donor Darah Paguyuban Social Project Bali Vol XI yaitu Herdian Armandhani. Sambutan Pihak PMI Provinsi Bali diberikan langsung oleh I Gusti Made Arya Wisnu Mataram (Sekretaris PMI Provinsi Bali), dilanjutkan sambutan Perhimpunan Donor Darah Indonesia Provinsi Bali oleh Ketut Pringgantara dan sambutan dari Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bali oleh Drg Desak Gese Eka Variasi. Dalam waktu 3 jam, agenda donor darah Paguyuban Social Project Bali berhasil mengumpulkan 143 kantong darah dengan total pendaftar 195 orang. Kantong darah yang terkumpul dengan rincian sebanyak 34 golongan A, 34 golongan B, 66 golongan O dan 9 golongan AB.

Agenda donor darah Paguyuban Social Project Bali Vol XI diramakaikan penampilan musisi lokal Bali diantaranya
Muhammad Diva Syahid Hardika,Nano Wong, dan Suroso. Sesi Talkshow mengenai “Generasi Remaja Masa Kini” disampaikan oleh Ni Luh Putu Irma Noviadiani, S.Kep.Berbagai Stand turut meramaikan acara mulai dari kuliner hingga produk herbal. Berbagai komunitas anak muda turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti AMPI Bali,Keris Bali, KPPMPI Denpasar, dan lainnya.

Acara donor darah Vol XI Paguyuban Social Project Bali didukung penuh oleh Tahoma Coffe & Eatery, Warung Umataki,
Crypto Cafe, Cheers Mineral Water, Ragam Foundation, Baliku Jamur,Anton Fx SPC, Mcdonals Cabang Nangka, IALF Bali, Calm Rehab Bali,Indonesia Power Xl Axiata, PT Bulan Purnama Group, Seka Demen Jagatnatha Narayana Denpasar, Pegadaian,Jog Street Food, dan Zewahatee.

Dilokasi donor darah berlangsung. Steering Comitte sekaligus Ketua Harian Paguyuban Social Project Bali yakni Herdian Armandhani atau akrab dipanggil Dhani mengatakan bahwa agenda donor darah Vol XI Paguyuban Social Project Bali yang berdekatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 merupakan bentuk sumbangsih anak muda Bali untuk mengisi kemerdekaan dengan aksi nyata membantu sesama dengan setetes darah yang ditransfusikan.

“Agenda donor darah Paguyuban Social Project Bali merupakan bentuk dukungan anak muda untuk pemenuhan kebutuhan darah pasien. Dulu para pejuang mengorbankan darah di medan tempur demi kemerdekaan. Saat ini anak muda bisa mendonorkan darah demi kemanusiaan” ungkap pemuda Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ini.

Lanjut Dhani, Donor Darah merupakan salah satu gaya hidup sehat yang dapat diikuti oleh anak muda.

“Banyak manfaat donor darah bagi tubuh seperti menjaga kesehatan jantung,menjngkatkan produksi eritrosit baru, mengurangi kadar kolestrol dan dapat mendeteksi sejak dini jika ada penyakit baru” ungkap Founder Ranger Donor Bali.

Sementara itu, Ketua Donor Darah Vol XI Paguyuban Social Project Bali yakni Franskia Muji Irsadianto mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya ageda ini.

“Saya selaku ketua panitia sangat bersyukur acara dapat berjalan dengan lancar dan sekaligus berterimakasih kepada segenap panitia, para kolaborator dan semua pihak terkait yang telah mendukung dalam pelaksanaan donor darah ini” ungkap pemuda yang aktif di Saka Dirgantara Bali ini. HAD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here